BAGIAN
I DASAR-DASAR PUBLIC RELATIONS
·
PR adalah
fungsi manajement untuk membangun dan menjaga citra positif dengan cara
menjalin relasi timbal balik dengan public.
·
Menunjang
fungsinya, Pr dilengkapi dengan berbagai alat atau media komunikasi PR.
·
Agar menjadi
seorang praktisi PR professional, dibutuhkan beberapa kpmetensi. Kemampuan
menulis menjadi salah satu kompetensi dasar.
·
Publisitas
adalah sarana penting membentuk citra di mata public.
·
PR mempunyai
eran penting mendukung program pemasaran melalui pembentukan citra positif
terhadap produk dan perusahaan.
BAB
1
PR
PROFESIONAL
A. Apa
Itu PR
Public : sekumpulan orang atau kelompok dalam
masyarakat yang memiliki kepentingan yang sama terhadap suatu hal.
Public bercirikan:
·
Mempunyai
kepentingan atau perhatian yang sama terhadap suatu isu atau objek tertentu.
·
Tidak harus
berada dalam satu wilayah geografis.
Secara umum public dapat dikelompokan menjadi dua
yaitu internal dan eksternal.
Public Relations biasa disebut hubungan masyarakat
(humas)
Menurut Frank Jefkins PR adalah sebuah system
komunikasi untuk menciptakan niat baik.
Konsep penting yang terkandung dalam definisi PR:
B. Tujuan
1.
Menciptakan
pemahaman antara perusahaan dan publiknya
Berupaya menciptakan saling pengertian antara perusahaan dan publicnya.
Melalui kegiatan komunikasi diharapkan kondisi kecukupan informasi antara
perusahaan dan publicnya.
2.
Membangun citra
korporat
Citra merupakan gambaran yang ada dalam benak public tentang perusahaan.
Citra adalah persepsi public tentang perusahaan menyangkut pelayanannya,
kualitas produk, budaya perusahaan, perilaku perusahaan atau perilaku
individu-individu dalam perusahaan dan lainnya. Citra positif mengandung arti
kredibilitas perusahaan di mata public adalah baik.
3.
Citra korporat
melalui Program CSR
CSR adalah program public relations untuk melibatkan diri mengatasi
persoalan-persoalan social dilingkungannya.
4.
Membentuk
opini public yang favourable
Sikap public terhadap perusahaan bila diekspresikan di sebut opini
public. Jadi, opini public ini merupakan ekspresi public mengenai persepsi dan
sikapnya terhadap perusahaan.
5.
Membentuk
goodwill dan kerja sama
Terciptanya jalinan kerja sama antara perusahaan dan publiknya dalam
bentuk perilaku tertentu yang mendukung keberhasilan perusahaan.
C. Fungsi
PR
Secara garis besar fungsi PR adalah:
·
Memelihara
komunikasi yang harmonis antara perusahaan dengan publiknya
·
Melayani kepentingan
public dengan baik
·
Memelihara
perilaku dan moralitas perusahaan dengan baik
D. Ruang
Lingkup Pekerjaan PR
Dapat disingkat menjadi PENCILS
a.
Publication
& Publicity, mengenalkan perusahaan kepada publik
b.
Events,
mengorganisasi kegiatan sebagai upaya membentuk citra
c.
News, PR
menghasilkan produk-produk tulisan yang sifatnya mengebarkan informasi kepada
public.
d.
Community
Involvement, PR mesti membuat program yang ditunjukan untuk menciptakan
keterlibatan komunitas atau masyarakat sekitarnya.
e.
Identity-Media,
PR membina hubungan dengan media press
f.
Lobbying, PR
melakukan upaya persuasi dan negosiasi dengan berbagai pihak
g.
Social
investement, PR membuat program-program yang bermanfaat bagi kepentingan dan
kesejahteraan social.
E. PR
Tool (Media/Alat Kegiatan PR)
Alat-alat kegiatan ini bias disebut sebagai media PR,
antara lain:
·
Pulisitas dan
media relations, seperti: press-release, press-conference dll.
·
Special
events, seperti: open house, award ceremonies
·
Corporate
anvertising, bukan bersifat menjual produk tapi menjual citra
·
Newsletters
·
Lobbying
·
dll
F. PR
Profesional
PR adalah profesi yang menuntut integrasi antara
pengetahuan, keahlian dan etika profesi. Keahlian menulis menjadi utama bagi
PR. Selain itu PR dituntut mempunyai kemampuan dalam praktik komunikasi organisasi,
menejement krisis, menejemen isu dan riset.
BAB 2
MENGGAPAI PUBLISITAS MEDIA
A. Publikasi
Dan Publisitas
Publisitas adalah publikasi yang menggunakan media massa (atau dimuat
media massa) sebagai sarana penyebarluasan informasi. Jadi pengertian publikasi
lebih luas dan publisitas adalah bagian dari aktivitas publikasi.
B. Apa
Itu Publisitas
Publisitas dari kacamata media massa adalahinformasi yang disediakan oleh
sumber luar yang digunakan oleg media karena informasi itu memiliki nilai
berita.
C. Biarkan
Orang Lain Bercerita Bercerita Tentang Diri Anda
Orang akan lebih mempercayai informasi yang disampaikan orang lain
tentang diri anda dari pada diri anda sendiri. Publisitas pada dasarnya adalah
strategi yang menerapkan prinsip ini. Dengan mengirim informasi (press-release)
PR berharap informasi tersebut disebarkan media kepada khalayak.
D. Publisitas
Dan Periklanan
Cirri-ciri periklanan:
·
Membayar (
paid from communication)
·
Control tinggi
(high-control)
Hal-hal yang bisa di control pengiklan antara lain: isi (content), ukuran
(size), lokasi (location), jangkauan (rech), frekuensi.
·
Kredibilitas
rendah (low-credibility), Karena khalayak memandang iklan sebagai: bersifat
menjual, anti-detail.
·
Tidak dapat
menjelaskan cacat produk
DIMENSI
|
PUBLISITAS
|
PERIKLANAN
|
TUJUAN
|
Sarana memperkenalkan produk dan perusahaan dengan
cara mendukung fungsi marketing
|
Sarana memperkenalkan produk dan perusahaan
|
MEDIA
|
Media massa
|
Media massa
|
SIFAT
|
Tidak membayar
Pengirim tidak dapat mengontrol pesan
Kredibilitas tinggi
Media bercerita tentang perusahaan
Kesan menjual tidak tampak jelas
Soft-selling
Membangun reputasi dan hubungan
|
Membayar
Pengirim dapat menentukan kapan dan bgm iklan
dimuat
Kredibilitas rendah
Kesan menjual tampak jelas
Hard-selling
Perusahaan bercerita tentang dirinya sendiri dan
anti detail
Membangun kesadaran produk
|
E. PR
Bukan Publisitas
PR bukan berarti terbatas hanya pada aktifitas publisitas. Fungsi PR
lebih luas yaitu membangun dan mempertahankan citra perusahaan secara
keseluruhan.
Perbedaaan antara publisitas dan
PR. 1. PR adalah sebuah program yang tidak dibatasi dalam satu periode waktu,
publisitas biasanya adalah strategi jangka pendek. 2. PR dirancang untuk
memberikan informasi positif tentang perusahaan dan biasanya dikendalikan oleh
perusahaan, publisitas disis lain tidak selalu positif dan tidak selalu
diinginkan oleh perusahaan, 3. PR menggunakan berbagai macam strategi
komunikasi untuk membangun citra, publisistas hanya berbentuk berita. 4.
Aktifitas PR menggunakan berbagai media komunikasi, publisistas ditransmisikan
lewat media massa.
F. Hidden
Advertising
Biarkan orang lain bercerita, strategi kreatif iklannya menggunakan
konsep bercerita, seperti kita jumpai dalam iklan “adverstising”, testimony,
iklan adlib di radio.
G. Marketing
PR
Prinsip PR yang berupaya membangun citra produk dan perusahaan banyak
diterapkan dalam strategi marketing. PR dan marketing secara filosofis berbeda.
PR bertujuan membangun citra sedangkan marketing bertujuan menjual produk kepada
target market. Pepaduan antara dua elemen penting organisasi ini melahirkan
konsep MPR.
MPR adalah sebuah proses perencanaan, ekseskusi dan evaluasi
program-program yang mendorong atau menganjurkna pembelian dan kepuasan
konsumen melalui komunikasi yang kredibel dalam menyampaikan informasi dan
menciptakan impresi yang mengidentifikasi perusahaan dan produk dengan
kebutuhan keinginan, perhatian, dan kepentingan konsumen.
H. Kontribusi
PR Pada Marketing
Dengan memperoleh kredibelitas melalui pengesahan pihak ketiga (media),
PR dapat:
·
Menciptakan
lingkungan pasar yang kondusif
·
Meningkatkan
visibilitas dan atau share of voice
·
Menginformasikan
atau mendidik pelanggan
·
Mempengaruhi
perdagangan dan mendukung daya jual
·
Member
pengaruh atau membentuk opini
·
Memperluas
promosi dan memperluas iklan
·
Mengeksploitasi
sponsorship
·
Mengelola
permasalahn dan menahan krisis.
I. Jenis-Jenis
Publisitas
1.
Publisitas
Khusus (sempit), PR berfungsi sebgai sumber berita bagi media, PR dengan
sengaja mengirim informasi berupa event management (kegitatan perusahaan)
kepada media massa cont:press-release
2.
Publisitas
Umum (luas), mencakup semua informasi/berita di media yang dicari dan ditulis
wartawan
Dilapangan yang dapat mengidentifiaksi mana
publisitas yang bersifat umum dan khusus hanyalah PR dan media.
Jenis publisitas di atas dapat diturunkan menjadi
beberapa jenis publisitas:
·
Publisitas
berdasarkan sumber : publisitas lisan dan tulisan
·
Publisitas berdasarkan
dampak bagi perusahaan : Publisitas positif dan negative
·
Publisitas berdasarkan
kejadian: publisitas yang direncanakan dan tidak direncanakan
J. Publisitas
Dan Press-Agentry
Beberapa hal yang perlu diperhatikan PR dalam mengirim
informasi-informasi kepada media yang bisa mengangkat citra media:
·
Frekuensi
jangan berlebihan
Jangan terlalu sering mengirim release ke media
·
Jangan
terjebak pada strategi “press-agentry”
Press-agentry adalah upaya menciptakan berita dan peristiwa yang bernilai
berita untuk dapat menarik perhatian media dan public terlepas dari apakah berita
itu benar atau tidak. Press-agentry adalah bagaimana caranya membangun
populeritas.
K. Win
The Editor’s Heart & Mind
Publisitas menjadi peluang bagi PR untuk memanfaatkan media sebagai
penyebar informasi dengan gratis. Namun menjadi tantangan bagi PR.
Tantangan-tantangan itu berkaitan dengan factor-faktor yang menentukan dimuat
tidaknya informasi dari PR. Ada 2 faktor: factor penulisan materi publisitas,
factor hubungan media.
L. Hubungan
Media: Bed News Is Bed PR
Berita negative mengenai perusahaan cenderung di sukai pers. Karena itu
hubungan media yang baik sangat penting.
M. Komunikasi
Yang Efektif Dengan Media (Pers)
Untuk berkomunikasi yang efektif pada media kita harus memahami
karakteristik media dan kebutuhan media.
Memahami karakteristik media:
·
Karakteristik
jenis media
·
Kebijakan
redaksional
·
System
distribusi
·
Karakteristik
wartawan (kritis dan ingin tahunya tinggi, senang membuat berita komprehensif,
senang membuat berita ekslusif, wartwan bersifat nonprotokoler, wartawan adalah
orang yang sibuk tapi tidak terikat jam kerja, wartwan cenderung membela yang
tertindas)
Tips memahami kebutuhan media:
·
Selalu
menyampaikan informasi secara jujur
·
Penuhi janji
anda
·
Jangan sampai
member pernyataan “no comment”
·
Mencerdaskan
pers
·
Melayani
pekerjaan media
·
Bersikap
professional dalam menghargai profesi masing-masing
·
Jalin
komunikasi terus-menerus
Is it okay to post part of this on my website basically post a hyperlink to this webpage? press release distribution services
BalasHapus